Cara Mengobati Insomnia dengan Akupuntur dan Herbal di Tangerang

Sering mengalami gangguan susah tidur? Bisa jadi Anda terkena insomnia. Gangguan tidur yang dibiarkan terus-menerus akan memperburuk kualitas kesehatan seseorang. Cara mengobati insomnia dengan akupuntur dan herbal di tangerang dapat menjadi alternatif pilihan untuk kualitas tidur yang baik. Sebelum itu, kenali terlebih dahulu penyebab dan gejala insomnia.

Pengertian, Penyebab dan Gejala Insomnia

  1. Apa itu insomnia?

Insomnia merupakan sebuah gangguan yang terjadi dalam siklus tidur normal seseorang yang bisa menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari. Gangguan insomnia sendiri membuat penderitanya mengalami kesusahan untuk tertidur dan membutuhkan waktu hingga berjam-jam agar bisa terlelap.

Tidur yang kurang cukup membuat seseorang bangun dalam keadaan tidak bugar dan mudah lelah. Penderita insomnia akan mengalami siklus tidur yang tidak normal paling tidak terjadi selama 1 bulan. Insomnia sendiri dapat dibagi menjadi insomnia primer dan sekunder.

  1. Ciri-ciri insomnia
  • Sulit tidur
  • Gagal mempertahankan pola tidur efektif
  • Sering terbangun dan sulit untuk tidur kembali
  • Tidur larut dan bangun lebih awal
  1. Penyebab umum insomnia

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab seseorang terkena insomnia. Beberapa faktor tersebut datang dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehari-hari. Selain itu beberapa gangguan psikologi dan tekanan juga bisa menjadi penyebab orang terkena insomnia. Beberapa penyebab umum seseorang bisa terkena insomnia adalah,

  • Stres berlebihan
  • Konsumsi nikotin dengan kadar terlalu tinggi. Seperti konsumsi rokok berlebihan
  • Mengonsumsi kafein seperti kopi terlalu banyak juga bisa membuat seseorang susah tidur dan berujung insomnia.
  • Konsumsi alkohol terus-menerus
  • Gangguan psikiatrik seperti depresi, gangguan cemas, PTSD, dll.
  • Penggunaan obat, antara lain obat golongan beta blockers, antidepresan, dll.
  1. Penyebab khusus insomnia
  • Umur. Lansia merupakan golongan paling banyak yang menderita insomnia karena terjadi penurunan beberapa fungsi sistem kontrol tidur.
  • Hormon. Seringnya terjadi pada perempuan yang sedang berada dalam kadar hormon estrogen rendah.
  • Penyakit. Kondisi medis seperti beberapa penyakit juga bisa menjadi penyebab terkena insomnia

Cara Mengobati Insomnia dengan Akupuntur dan Herbal di Tangerang

  1. Pengobatan dengan akupuntur

Cara mengobati insomnia dengan akupuntur dan herbal di tangerang yang efektif bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan akupuntur. Akupuntur merupakan praktik pengobatan secara tradisional yang berasal dari Tiongkok dengan metode penggunaan jarum tipis.

Jarum-jarum tersebut dimasukkan pada titik-titik tertentu di tubuh penderita insomnia. Biasanya, area yang sering menjadi pembagian titik akupuntur adalah sepanjang bagian leher dan juga punggung. 

Metode akupuntur berfokus pada menjaga aliran energi dalam tubuh dan mempertahankannya agar tetap seimbang pada garis meridian. Cara pengobatannya adalah dengan menusukkan jarum-jarum tipis pada beberapa bagian dan titik pada tubuh yang merupakan area aliran energi.

Pengobatan ini dibagi atas tiga prosedur yaitu penusukan jarum, manipulasi jarum, dan pelepasan jarum. Proses tersebut biasanya memakan waktu hingga 60 menit. Pasien akupuntur akan dibuat rileks dengan tusukan jarum tersebut.

Tujuan akupuntur adalah untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh, sehingga energi-energi negatif dapat dikeluarkan. Pasca akupuntur pasien akan merasa lebih bugar dan sehat.

Baca Juga: Cara Mengobati Migren dengan Akupuntur dan Herbal di Tangerang

2. Pengobatan dengan herbal alami

Cara mengobati migren dengan akupuntur dan herbal di tangerang yang mudah juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan herbal.

  • Ginseng merah

Mengonsumsi ginseng merah dapat membantu menjaga metabolisme tubuh dan membantu mengurangi gejala insomnia. Tanaman ini juga bisa membantu mengurangi stress dan tekanan aliran darah dalam tubuh sehingga membuat tidur menjadi lebih lelap.

  • Teh kamomil

Mengonsumsi teh kamomil dapat memberikan efek menenangkan dan membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak. Kandungan kafein yang sangat sedikit pada teh kamomil membuatnya tidak akan mengganggu kualitas tidur

  • Lidah buaya

Lidah buaya dipercaya dapat membantu mengurangi gejala insomnia yang dialami oleh penderitanya. Meletakkan lidah buaya di dalam kamar dapat membantu menghasilkan kualitas oksigen yang lebih tinggi di malam hari.

  • Lavender

Selain berguna untuk mengusir nyamuk yang ada di dalam kamar, lavender juga bisa digunakan sebagai obat alami insomnia. Aroma yang dihasilkan dari tanaman ini memberikan ketenangan saat dihirup dan membantu memberikan tidur yang lebih berkualitas.

Itulah beberapa gejala dan penyebab terkena insomnia pada seseorang dan juga cara mengobati migren dengan akupuntur dan herbal di tangerang. Memiliki pola tidur yang teratur dan baik akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan membuatnya tidak mudah terkena stress karena tekanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Info dn pendaftaran : 081210860292klik disini
Scroll to Top
Halo Griya Sehat Alfarisy...