8 Pantangan Makanan Penderita Sakit Asam Lambung

Pantangan makanan penderita sakit asam lambung di bawah ini bisa membantu Anda melakukan gaya hidup sehat supaya asam lambung tidak naik dan kambuh. Salah satu faktor asam lambung cepat naik adalah makanan serta minuman yang dikonsumsi sehingga sebaiknya perlu dibatasi hingga dihindari. Berikut ini daftar makanan pemicu asam lambung naik.

Daftar pantangan makanan penderita sakit asam lambung

  • Makanan berlemak

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung yang pertama yaitu makanan mengandung lemak tinggi. Misalnya saja keripik kentang, susu, daging sapi, kentang goreng, keju, es krim dan makanan berminyak. Hal ini karena makanan berlemak tinggi bisa membuat otot esofagus bagian bawah melemah sehingga katup kerongkongan tersebut mudah terbuka dan memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

  • Makanan pedas

Makanan pedas dengan cabai mengandung zat yaitu capsaicin dan kandungan ini dapat memperlambat sistek kerja pencernaan. Mereka yang punya maag bisa kambuh dan jika sistem kerja pencernaan melambat, maka otomatis juga asam lambung naik karena makin lama makanan bertahan di perut, maka akan berisiko meningkat pula asam lambung.

  • Makanan asin

Selain makanan pedas, makanan asin juga sebaiknya dibatasi atau dihindari apalagi jika makanan asin dikonsumsi bersama makanan berlemak dan gorengan yang memicu asam lambung. Makanan asin juga dapat memicu gejala asam lambung naik dan maag kambuh.

  • Sayur dan buah yang bersifat asam

Sayur dan buah-buahan yang bersifat asam seperti lemon, jeruk, anggur, salad bercuka dan tomat merupakan jenis makanan yang bisa memicu kenaikan asam lambung. Apalagi jika makanan tersebut langsung dikonsumsi dalam keadaan perut masih kosong. Misalnya saja seperti tomat yang mengandung asam malat dan asam sitrat yang bisa membuat asam lambung naik.

  • Bawang

Segala macam jenis bawang seperti bawang Bombay, bawang merah dan putih dapat membuat otot kerongkongan bagian bawah melemah dan memicu kenaikan asam lambung. Makanan ini juga dapat menimbulkan gejala sakit maag. Kandungan zat yang ada dalam bawang dapat memicu berbagai masalah pencernaan.

  • Alkohol, soda dan kopi

Minuman beralkohol, soda dan kopi yang mengandung kafein adalah minuman yang dilarang untuk penderita asam lambung. Pasalnya minuman-minuman ini bisa melemahkan otot esofagus atau katup kerongkongan bagian bawah melemah sehingga membuat asam lambung mudah naik ke kerongkongan. Tidak hanya itu, soda dan kopi yang mengandung kafein mempermudah maag kambuh.

  • Makanan yang mengandung banyak gas

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung banyak gas, misalnya saja kecambah, kubis, brokoli, kacang-kacangan dan susu. Makanan ini bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, jadi sebaiknya dibatasi.

  • Cokelat dan peppermint

Cokelat dan peppermint memang enak dan kadang baik untuk kesehatan. Sayangnya jika dikonsumsi secara berlebihan dan memicu kenaikan asam lambung ke kerongkongan sebab kandungannya dapat melemahkan otot esofagus yang letaknya di antara lambung dan kerongkongan.

Itulah beberapa daftar pantangan makanan penderita sakit asam lambung yang memang sebaiknya dibatasi atau dihindari. Meski terdengar sepele, namun jika asam lambung naik maka dapat memicu penyakit lainnya. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti maag maupun asam lambung yang sering naik alias kambuh, maka dapat coba diatasi dengan pengobatan herbal serta alternatif seperti akupuntur. Pengobatan asal Tiongkok ini dipercaya mampu mencegah dan mengurangi kenaikan asam lambung. Anda bisa lakukan dengan menghubungi Sinse Toto di Tangerang.

Be Sociable, Share!

sinse toto

Sinse Toto mengawali karirnya sebagai Sinse atau praktisi pengobatan Cina sejak 2006. sudah berpengalaman menangani sekitar 7.000 pasien yang sudah dibantu penyembuhannya dengan methode Akupuntur dan Hebal. melalui web ini sinse Toto ingin berbagi tips kesehatan kepada anda semua, baik tentang penyakit maupun pengobatanya secara alami tanpa obat kimia. Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Untuk Info dn pendaftaran : 081210860292klik disini