GERAKAN SHALAT DAPAT BERMANFAAT BAGI KESEHATAN MANUSIA?

Benarkan gerakan shalat dapat menyehatkan tubuh manusia? Mengapa demikian ?

Karena. Kondisi tubuh lebih sehat dan segar karena aliran darah lancar, alias tidak ada yang tersumbat. Bukann hanya gerakan shalat pada saat kita sedang berdoa dengan kyusu’ dan dengan waktu yang lama akan membuat tubuh lebih rileks dan menimbulkan rasa nyaman pada tubuh kita.

gerakan solat
gerakan solat

beberapa gerakan shalat  memang mempengaruhi bagian tubuh tertentu. Asalkan gerakan tersebut dilakukan dengan benar dan dalam jangka waktu tertentu jika di lakukan dengan cara terburu-buru dan tidak benar maka manfaat dari gerakannya sedikit berkurang. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Gerakan takbiratul ihram

Gerakan ini dilakukan pada awal shalat, yaitu dengan berdiri tegak, mengangkat kedua tangan, lalu di sedekapkan di depan dada. Gerakan ini akan membuat bernapas mulus dan teratur. Selain itu, otot kedua tangan dan bahu akan berkontraksi, membuatnya lebih kuat dan kencang.

2. Gerakan pembulatan atau rukuk

Gerakan ini dilakukan dengan cara menekuk badan ke depan, sehingga kedua tangan beristirahat di tumit. Saat gerak bidikan dilakukan, otot-otot di punggung ke pantat akan mengalami kontraksi. Sementara itu, aliran darah, terutama pada bagian atas tubuh akan terasa lebih lancar.

3. Gerakan sujud

Gerakan ini dilakukan dengan meletakkan kepala ke dasar lantai, sampai dahi dan ujung hidung menyentuh lantai. Sementara itu, jari-jari kaki bengkok dan kedua telapak tangan juga menyentuh alas lantai. dapat membantu melancakan peredaan darah

4. Maksimalkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa gerakan sujud ini dapat memaksimalkan fungsi otak manusia, otak kanan dan otak kiri. Dengan begitu, seseorang yang sujud dengan benar dan relatif lama secara teratur tidak menutup kemungkinan bisa lebih cerdas dan kreatif.

Sementara bernapas akan lebih teratur. Tak sedikit orang yang bersujud dengan waktu cukup lama untuk menghilangkan pusing atau sakit kepala yang dideritanya.

5. Gerakan duduk

gerakan duduk ini di lakukan setelah gerakan sujud , di mana pantat di berada di sebelah kiri dan silanglah antara kaki kiri dan kanan dan telapak kaki kanan  di tekuk, ini dilakukan saat duduk takhiyatul akhir . gerakan ini dapat bermanfaat agar sirkulasi darah di pompa secara maximal.

6. Gerakan salam

Gerakan doa terakhir dilakukan, yaitu salam. Gerakan ini dilakukan secara sederhana, yaitu hanya memutar kepala ke kanan dan kiri untuk melihat ke belakang, sekali saja. Namun jika dilakukan dengan benar akan membuat otot di leher akan lebih terlatih dan kencang dan sirkulasi darah juga akan lancar.

Pergerakan ucapan akan mencegah tubuh menderita sakit di leher.

Gerakan shalat tidak akan menguntungkan tubuh jika dilakukan sembarangan dan cepat. Karena itu, manfaat agama terutama bagi umat Islam yang melakukan sholat setiap hari, melakukan gerakan shalat dengan baik dan benar. Lakukan shalat sesuai peraturan yang diajarkan, sehingga bisa menuai keuntungan dari gerakan shalat ini. Selain shalat juga merupakan tiang agama dan merupakan kewajiban untuk seluruh umat muslim,karena nya jika kita menjalankan shalat ibadah dalam agama islam tidak hanya sekedar ketaatan tapi juga memberi manfaat bagi masyarakatnya sekaligus manfaat zakat.

Be Sociable, Share!

sinse toto

Sinse Toto mengawali karirnya sebagai Sinse atau praktisi pengobatan Cina sejak 2006. sudah berpengalaman menangani sekitar 7.000 pasien yang sudah dibantu penyembuhannya dengan methode Akupuntur dan Hebal. melalui web ini sinse Toto ingin berbagi tips kesehatan kepada anda semua, baik tentang penyakit maupun pengobatanya secara alami tanpa obat kimia. Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Info dn pendaftaran : 081210860292klik disini
Halo Griya Sehat Alfarisy...